Sabtu, 23 Januari 2010

WANITA DAN DARAH NIFAS

Nifas menurut bahasa adalah melahirkan,sedangkan menurut syara' adalah darah yang keluar dari vagina seorang perempuan setelah keluarnya anak pada waktu melahirkan. Jadi darah yang keluar sebelum / bersamaan dengan keluarnya anak itu dinamakan darah nifas.
Lamanya Nifas : waktu keluarnya darah nifas yang paling sedikit menurut syara' adalah satu tetes (yang penting keluar) dan yang paling banyak adalah 60 hari,sedangkan umumnya adalah 40 hari / malam semua itu berdasarkan penelitian Imam Syafi'i pada wanita-wanita arab.
Masalah-masalah dalam Nifas :
1. Adapun darah yang keluar dari vagina wanita diwaktu sakit atau keluar bersamaan dengan anak itu bukan dinamakan darah nifas akan tetapi hukumnya diperinci sebagai berikut :
a. Bilah darah tersebut bersambung dengan haidl sebelumnya maka disebut dengan darah haidl,contoh :
seorang wanita hamil mengeluarkan darah selama 2 hari kemudian dia hendak merasa melahirkan dan dia masih mengeluarkan darah bersamaan dengan keluarnya sang anak,maka semua darah itu dinamakan dengan darah haidl
b. Bila darah itu tidak bersambung dengan darah sebelumnya maka darah tersebut dinamakan darah istihadloh,contoh :
seorang wanita yang melahirkan dan pada waktu yang bersamaan dia juga mengeluarkan darah maka darah tersebut dinamakan dengan darah istihadloh.
Macam-Macam Darah :
sebelum kita lebih jauh membahas permasalahan tentang darah haidl,maka kita harus mengetahui dahulu macam-macamnya darah. Adapun macam-macamnya warna darah itu ada 5 yaitu :
1. Warna hitam
2. Warna merah
3. Warna merah agak kuning
4. Warna kuning
5. Warna keruh
Sedangkan sifat-sifat / baunya darah tersebut ada 4 yaitu :
1. Bersifat kental
2. Basin
3. Kental dan basin
4. Tidak kental dan tidak basin
keterangan :
Didalam ilmu haidl kita akan mengenal istilah-istilah :
1. Darah qowi artinya darah kuat
2. Darah dloif artinya darah lemah
3. Mubtadi'ah artinya wanita yang pertama kali haidl
4. Mu'tadah artinya wanita yang sudah sering kali haidl
5. Mumayyizah artinya wanita yang pandai (bisa membedakan darah kuat dan darah lemah)
6. Mutahaiyyiroh artinya wanita yang bingung (tidak bisa membedakan darah kuat dan darah lemah)
Didalam pembagian darah yang ada 5 dengan sifat yang ada 4 itu kita bisa mengetahui kuat dan lemahnya darah bilamana kita bisa membandingkan antara darah yang satu dengan yang lainnya.
Perhatikan contoh di bawah ini :
a. Darah yang berwarna hitam itu lebih kuat daripada darah yang berwarna merah,sedangkan darah yang berwarna merah itu lebih kuat dibandingkan dengan darah yang berwarna kuning. Begitulah seterusnya apabila kita ingin membedkan kuat / lemahnya darah haidl.
b. Darah hitam yang kental itu lebih kuat daripada darah merah yang berbau basin dan darah merah yang berbau basin itu lebih kuat daripada darah yang berwarna merah yang tidak berbau basin begitulah seterusnya.

Tidak ada komentar:

 
$6.00 Welcome Survey After Free Registration!