Senin, 25 Januari 2010

ISTIHADLOH DAN MACAMNYA (BAB III)

Jika sebelumnya penjelasan istihadloh yang ada 7 macam dan sudah dijelaskan 1 sampai 3 sekarang adalah penjelasan yang nomer 4 :
4. Mu'tadah ghoiru Mumaiyyizah
pada bagian ini ada 9 bagian :
1. Almu'tadah Ghoiru Mumaiyyizah Dzakiroh Li'adatiha Qodron Wawaktan
(a) maksudnya adalah perempuan yang pernah haidl dan suci kemudian dia terkena istihadloh dan tidak bisa membedakan darah yang keluar tapi dia masih ingat pada kadar dan waktunya maka haidl perempuan seperti itu dikembalikan pada adatnya.
Contoh :
Vina adalah wanita yang biasanya haidl selama 6 hari dengan warna darah merah kemudian dia terkena istihadloh selama 2 bulan dengan warna kuning sedangkan dia tidak bisa membedbkan darah maka :
BL 1 = Dia haidl selama 6 hari
BL 2 = Pada bulan kedua setelah hari ke 15 selanjutnya sholat ada' sedangkan pada bulan ke 3 dia mandi setelah hari ke 36 sedangkan shalatnya adalah ada' .
2. Almu'tadah Ghoiru Mumaiyyizah Watakarror Dauruha Wantazhamat Ala'datu Ma'adzikrilintidhom Minal Aqolli Ilal Aktsari Aua'ksihi
Maksudnya adlah perempuan yang daurnya sudah berulang kali tetapi tidak mumaiyyizah(tidak bisa membedakan) dan adatnya urut serta dia masih ingat pada urutannya tadi. Perempuan seperti ini bila mengalami istihadloh maka haidlnya dikembalikan pada adatnya.
Contoh :
Vina adalah perempuan yang haidlnya 4 kali / bulan dengan ketentuan :
- Bulan 1 selama 6 hari
- Bulan 2 selam 8 hari
- Bulan 3 selama 6 hari
- Bulan 4 selama 8 hari
Keterangan :
BL 5 = Haidlnya 6 hari dan dia wajib mandi setelah hari ke 15 kemudian dia wajib qodlo' sholat mulai hari ke 7 sampai hari ke 15
BL 6 = Haidlnya 8 hari dan dia wajib mandi setelah hari ke 8 setelah mandi sholatnya ada'
3. Almu'tadah Ghoiru Mumaiyyizah Watakarror Dauruha Wantazhomat Al-Adatu Ma'a Nisyanil Intizhom
Maksudnya adalah wanita yang daurnya sudah berulang dan adatnya urut sementara dia sendiri lupa pada pada urutannya tersebut artinya apakah yang kecil terjadi lebih dahulu atau sebaliknya. Maka apabila perempuan ini mengalami istihadloh haidlnya dikembalikan pada giliran yang terkecil.
Contoh :
Vina adalah pernah haidl selama 4 bulan (4x) dengan ketentuan :
- BL 1 = haid 4 hari
- BL 2 = haid 6 hari
- BL 3 = haid 4 hari
- BL 4 = haid 6 hari
Kemudian pada bulan kelima dan keenam dia terkena istihadloh maka :
BL 5 = Haidlnya 4 hari dia wajib mandi setelah hari ke 15 kemudia dia wajib Qodlo' sholat setelah hari ke 4 sampai hari ke 15
BL 6 = Haidlnya 4 hari dia wajib mandi dan sholat ada' setelah hari ke 4

Tidak ada komentar:

 
$6.00 Welcome Survey After Free Registration!